Senin, 16 Juli 2012

CARA MEMBUAT FOTO TIDAK BERWARNA ( HITAM PUTIH ) MENJADI BERWARNA

Pertama-tama kita akan mencoba menghilangkan bercak putih dari foto jadul dan kemudian kita akan melanjutkan untuk mewarnai.
untuk pemula saya sarankan untuk menggunakan gambar yang sederhana aja  seperti gambar berikut :



langkah 1
Kita akan mulai dengan menghilangkan bercak putih pada gambar. Pilih Clone Stamp Tool lalu tekan tombol Alt dan pilih permukaan polos yang tepat dekat semua bercak putih (harus lebih teliti). Lanjutkan proses ini sampai semua bercak putih bisa dihapus.

Setelah menghapus semua bercak, citra buruk gambar akan hilang dan terlihat bersih seperti gambar ini:




langkah 2
Berikutnya, kita akan melanjutkan dengan mewarnai gambar.jangan mewarnai gambar secara keseluruhan, disini kita akan melakukannya satu per satu dari tiap objek yang ada.

Pertama, kita pilih topi dengan menggunakan Lasso Tool Magnetic - seperti ini:




langkah 3
Untuk mewarnai, kita akan menggunakan Hue/Saturation (HSL). Ada banyak cara untuk mewarnai objek, tetapi HSL mungkin salah satu yang paling mudah dan paling fleksibel.

ok sekarang kita lanjutkan ke colorizing topi, tambahkan nilai-nilai ke (HSL) 360,35,-26 . (Saat menggunakan HSL,jangan lupa untuk mengaktifkan pilihan Colorize.)

 

langkah 4
Setelah menerapkan warna, topi mungkin terlihat polos, maka dari itu kita akan menambahkan beberapa Kebisingan warna pada objek. Pilih Filter -> Noise -> Add Noise dan berikan jumlah 
"5%"
jangan lupa cek pada opsi monokromatis untuk mendapatkan efek lebih halus. 



langkah 5
Selanjutnya, mantel. Prosesnya hampir sama - hanya nilai HSL-nya yang berbeda, yang masing-masing: 42, 10, - 63.
Untuk membuat keseluruhan tampilan mantel yang lebih alami, daripada menggunakan noise, saya menganjurkan menggunakan pilihan Grain Tekstur. kalian dapat menemukannya di Filter -> Filter Gallery -> pada tab Texture -> Grain.
-Intensitas: "10", Kontras: "50" dan Jenis Grain: "Soft".

 

langkah 6
selanjutnya- sepatu. Untuk memberikan efek sepatu mengkilap, saya akan menggunakan menu Image -> Adjustments -> Variation. Pilih "Midtones" dan klik Ok.
 

 Cobalah beberapa kombinasi warna CMYK sampai kalian mendapatkan warna boot yang sesuai dengan gambar ini :




langkah 7
Selanjutnya, pintu. Pertama, mari kita warnai perbatasan pintu.

 

Pilih salah satu sisi pintu perbatasan dengan menggunakan Rectangle Tool Marquee. Atur warna HSL dengan nilai 15, 45, -53 (jangan lupa cek colorize). Kemudian pilih Filter -> Galeri Filter -> pada tab Texture -> pilih Grain masukkan intensity: "12", contrast: "50" dan Grain type: "Enlarged".

Ikuti prosedur yang sama untuk seluruh daerah pintu.





langkah 8
Selanjutnya,kita akan mewarnai empat persegi panjang pada pintu dengan nilai-nilai HSL:, 55 20, -26 selanjutnya pilih Grain masukkan intensity: "12", contrast: "50" dan Grain type: "Enlarged".

 

langkah 9
selanjutnya kita akan menyelesaikan mewarnai pintu dengan menambahkan warna ke perbatasannya, nilai-nilai HSL yang kita masukkan: 25, 7, -69. Kemudian untuk mengatur agar lebih sempurna kita atur Grain menjadi, "12", Kontras: "50", Grain type: "Regular".




langkah 10
Setelah pintu, kita lanjutkan mewarnai tanah. Untuk warna tanah kita menggunakan pen tool atau Magic Wand Tool, atau polygonal lasso tool, selanjutnya atur nilai-nilai HSL menjadi: 20, 24, -56.



langkah 11
langkah terakhir, kita akan mewarnai latar belakang kayu. Untuk memberikan tampilan kayu yang alami, kita memberikan nilai HSL dari: 31, 53 -45, setelah itu kita akan menambahkan beberapa Kebisingan warna pada objek. Pilih Filter -> Noise -> Add Noise dan berikan jumlah 
"5%"
jangan lupa cek pada opsi monokromatis untuk mendapatkan efek lebih halus. 

Setelah prosedur selesai kita akan mendapatkan gambar seperti ini




Koreksi Warna

setelah selesai mewarnai semua objek. Sekarang, kita lanjutkan ke bagian akhir dan yang paling penting yaitu koreksi warna. Koreksi warna bila dilakukan dengan benar, akan memberikan gambar yang lebih realistis.

Untuk meningkatkan kecerahan gambar, kita pergi ke: menu Image -> Adjustments -> Curves, dan masukkan "186" untuk Output dan "164" untuk Input.





setelah itu kita akan mencerahkan bagian gambar berikut (di mana panah menunjuk). Pertama kita memilih bagian dengan Rectangle Marquee tool. Kemudian pilih Filter -> Galeri Filter -> Distort tab dan pilih Diffuse Glow dengan nilai berikut: Graininess: "0", Glow Amount: "11", Clear Amount: "15".dan selesai , lanjutkan ke menu Image -> Adjustments -> Curves lalu tambahkan "200" untuk ouptut dan "188" untuk Input.

 

Ikuti proses di atas untuk sisa bagian gambar namun dengan nilai yang berbeda Diffuse Glow : Graininess: "2", Glow Amount: "5", Clear Amount: "15". 

Untuk menggelapkan bayangan topi dan mantel, mari kita gunakan Burn Tool dan dengan memilih Range: Midtones dan turunkan nilai Paparannnya menjadi "20%" 

kita akan menggunakan Dodge Tool untuk mencerahkan mantel dan topi sehingga terlihat seolah-olah lampu datang dari sisi kanan, dan untuk memberikan rasa ketebalan untuk perbatasan pintu, kita menggunakan Burn Tool.

Dan ini adalah bagaimana hasil akhir Anda akan terlihat seperti (atau serupa) setelah kita memberikan warna.

Sumber : ini

Baca juga tulisan menarik lainnya

1 komentar:

========================================================
SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN SOPAN
MEMBERI SARAN DAN KRITIK YANG MEMBANGUN
SERTA BERTANYA JIKA ADA KESULITAN DARI POST YG ADA
LEBIH BAIK BERKOMENTAR, DARI PADA TIDAK SAMA SEKALI
========================================================