Senin, 25 Juni 2012

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN VIRTUALBOX



SEBELUMNYA : http://hacker-xtx.blogspot.com/2012/06/network-setting-pada-virtualbox.html
Saya sering diskusi dengan teman saya tentang belajar sistem operasi (Linux,OpenSolaris,Solaris) menggunakan mesin virtual gratis, misalnya virtualbox. Tapi, banyak yang merasa tidak enjoy ketika menggunakan virtualbox sebagai media belajarnya. Entah karena apanya. Tapi bagi saya sendiri, belajar dengan virtualbox easy going aja.  No problem dengan mesin2 virtual tadi. Mungkin beda rasa aja kali ya. Kalo di virtualbox, yah cuman di virtual. Sedangkan di mesin komputer langsung, langsung berinteraksi dengan sistem operasinya.Padahal yang penting bagi saya adalah esensi belajarnya, atau konsep yang sedang dipelajari.

Nah, berikut ini beberapa opini saya tentang kekurangan dan kelebihan belajar menggunakan virtualbox.

Kekurangannya:

1. Anda butuh spek laptop atau komputer yang lebih tinggi, terutama RAM sama hardisknya. Agar mesin virtualboxnya jalan dengan baik dan terasa kenceng.

2. Anda perlu belajar tentang virtualbox itu sendiri. Bagaimana cara membuat disk virtualnya, mount CD, dsb. Termasuk bikin network virtual adapternya.

3. Anda harus terbiasa dengan kekurangan virtualboxnya juga. Misalnya, ga bisa capture sistem, musti clone VDI untuk menduplikasi disk virtualboxnya. Kalau di vmware, untuk duplikasi image filenya tinggal copy paste biasa.

Kelebihannya:

1. Anda ga perlu beli komputer mahal2. Cukup upgrade RAM atau hardisk untuk mendapatkan performa laptop yang bagus saat menjalankan virtualbox.

2. Dengan virtualbox, kita ga perlu bayar lisensi ke Sun. Tidak seperti VMware yang musti banyar lisensi.

3. Image virtualbox Anda, bisa Anda gunakan dimesin lain yang sudah terinsall virtualbox. Tinggal play aja. Kalau misalkan aplikasi Anda, di deploy ke virtualbox, Anda dapat dengan mudah melakukan backup and restore. Jadi ga perlu bikin ulang dari awal. Ini sudah mengurangi waktu Anda untuk melakukan hal yang sama dan berulang.

Baca juga tulisan menarik lainnya

3 komentar:

========================================================
SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN SOPAN
MEMBERI SARAN DAN KRITIK YANG MEMBANGUN
SERTA BERTANYA JIKA ADA KESULITAN DARI POST YG ADA
LEBIH BAIK BERKOMENTAR, DARI PADA TIDAK SAMA SEKALI
========================================================